Kamis, 31 Januari 2013

Sandwich van Java ala Mbah Carik

Sejujurnya saya malu baru ngeposting ini sekarang. 3 tahun lebih tinggal di jalan kaliurang km.14,5 baru sekarang posting tentang jadah tempe. Sebagai warga negara bagian lereng gunung merapi saya merasa gagal...

Jadah tempe, sebagian orang menganggap ini adalah ikon makanan khas Kaliurang. Bisa saja disebut sebagai sandwich van java karena bentuknya memang mirip sandwich tapi ini tradisional banget pake jadah dan tempe. Salah satu jadah tempe yang cukup terkenal di Jogja adalah Jadah Tempe Mbah Carik. Lokasinya yang saya tahu di sepanjang jalan kaliurang ini ada 3, yang pertama di Kaliurang atas tepatnya di jl. Astomulyo Kaliurang, kemudian agak kebawah dikit dekat dengan tempat saya tinggal di jl. Kaliurang km.15 Utara Simpang Degolan dan yang paling bawah di jl. Kaliurang km.12.

Kalau pas main ke Kaliurang atas boleh mampir ke cabang Jl. Astomulyo, disana bisa melihat pemandangan gunung Merapi dari dekat sembari minum teh poci gula batu yang nasgitel dan jadah tempe. Jadahnya sendiri terbuat dari ketan yang dimasak dengan beberapa bumbu kemudian dibentuk menjadi pipih lonjong. Tempenya berupa tempe bacem yang rasanya dominan manis. Istimewanya jadah tempe ini justru ada pada dua buah komposisi yang sangat kontras, cita rasa tradisional yang unik antara padu padan kedua rasa jadah dan tempe ini bagaikan langit dan bumi. Jadah yang mempunyai tekstur kenyal, halus dan lembut ketika dikunyah berbanding terbalik dengan pasangannya tempe yang mempunyai tekstur kasar serta dominan rasa manis. Sensasi menggigit kedua jenis makanan ini benar-benar terasa padu.

Untuk proses pembuatan jadah tempe ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Prosesnya dimulai dengan merendam beras ketan yang akan diolah kurang lebih selama 3 jam, kemudian ditumbk sampai halus menyatu dengan parutan kelapa. Selanjutnya adonan jadah dikukus selama 2 jam kemudian setelah cukup matang jadah dibentuk lonjong dan sedikit pipih yang memang disesuaikan dengan bentuk dari tempe bacem sang pendamping. Sedangkan pasangannya si tempe bacem dibuat melalui perendaman air gula kelapa/gula jawa dan kecap manis. Proses untuk pembaceman tempe tidaklah singkat, dimulai waktu sore hari dan berakhir esok paginya supaya manisnya benar-benar meresap ke seluruh penjuru tempe. Disamping itu, keistimewaan jadah tempe mbah Carik terletak pada proses pengolahan tempe bacem tersebut. Dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dimasak dengan menggunakan tungku berbahan bakar kayu bakar.

Selain unik jadah tempe ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, mereka menjual per paket. Kita bisa memilih jadah dengan tempe, jadah dengan tahu ataupun keduanya. Yang sering saya beli adalah paket 5 jadah dan 5 tempe seharga 8.000 (kalo nggak salah). Karena jadah tempe merupakan makanan basah maka tidak bisa bertahan lama hanya 2 hari saja, namun masih bisa untuk dijadikan oleh-oleh. Selain menjual jadah setiap cabang mbah carik juga menjual makanan dan cemilan yang juga bisa dijadikan oleh-oleh seperti Ampyang (gula kacang), rempeyek, wajik, dll.

Si putih jadah bersama si coklat tempe, pasangan serasi :")

Saya suka makan jadah tempe ini dengan cabe. Pas saja rasanya perpaduan gurih manis dan pedas. Cara makannya jangan sendiri-sendiri, tumpuk jadah dengan tempe kemudian baru dimakan.


7 comments:

Obat Penyubur Kandungan Alami mengatakan...

postingan tentang sandwich van java... Sangat menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

hennpuspita mengatakan...

terimakasih atas apresiasinya, semoga bisa bermanfaat yaa :)

Chicago Pneumatic mengatakan...

Saya dulu 1,5 taun tinggal di Jogja, ya 2 bulan terakhir baru aja follow twitternya mbak Henn, dan sering baca baca blog ini, kadang bikin kangen Jogja dengan tulisan tulisan yang mbak Henn buat, apalagi soal kulinernya, keep posting mbak :)

Slamet Riyadi mengatakan...

wah blognya bikin ngiler nih...
kalau turun dikit ke kaliurang km 8, bisa nyuruput kopi bareng bareng, sambil ngemil jadah dan ati onta yg barusan diposting

Jogja Sleeping Bag mengatakan...

bukan hamburgerrr mbak?! :D

Hairul mengatakan...

Sy prnah mampir situ, tapi sy beli durennya, konon kerabat kraton klo lg ke kaliurang srg beli duren di mbah carik,kata penjualnya sih gitu...*marketing.. :-D

Warga UII kah mbak? Kok paham daerah situ?

hairul mengatakan...

Btw kok gk dilanjutin nulis d blognya?menarik..
Mampir jg ke blog butut saya.. Melekdonk.wordpress.com

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)