Kamis, 31 Januari 2013

Martabak Telor Bebek - Martabak Har

Siapa sangka kuliner martabak satu ini asal mulanya dari India. Martabak HAR adalah salah satu restaurant yang menyajikan menu kuliner khas MALABAR – INDIA, yang didirikan pada tahun 1947 di kota Palembang. “Martabak” Adalah sejenis makanan khas dari negeri India, yang dalam bahasa Arabnya berarti “Melipat”. Dan untuk pertama kalinya Kuliner khas India ini diperkenalkan di Negara Indonesia pada tahun 1930-an. “HAR”  adalah singkatan nama dari sang pendiri Restaurant,yaitu Hj Abdull Rozak seorang tokoh pengusaha  muslim yang sucses asal India. Tapi memang sudah lama bermukim di Palembang. Beliau meninggal tahun 2001. Dengan kuliner India yang memiliki rasa khas yang sangat bersahabat di lidah setiap pengunjung, Restaurant Martabak HAR  sudah membuka beberapa cabangnya di kota besar di Indonesia. Belum lama ini Martabak HAR membuka cabang di Jl. Gejayan seberang Dealer Kawasaki. Lengkap dengan foto alm eyang HAR.

Martabak berbahan dasar telur dan gandum ini makannya pakai kuah kare kambing yang ditambah irisan cabe dan cuka. Rasanya khas sekali makanan India terutama kuah karenya yang terasa sekali bumbu rempah-rempahnya. Kuah kare ini ditambah kentang yang ditumbuk dan sedikit potongan daging kambing untuk menambah citarasa. Untuk soal harga jangan dibandingkan dengan harga martabak telor biasa karena harga martabak disini memang cukup mahal. Satu porsi martabak telor bebek saya bayar dengan harga 17.000 dan itupun isinya memang benar-benar hanya telor bebek saja.

Kulit martabak digoreng dengan tingkat kematangan yang pas tidak terlalu gosong menghasilkan sensasi crispy yang sempurna.
Bumbu yang khas di Martabak HAR, sambil potong martabaknya cocolin ke bumbu kare ini.

2 comments:

Armstrong mengatakan...

Yummy :)

baedingabert mengatakan...

The Shady Gambling Room at Harrah's Philadelphia Casino
It 강원도 출장마사지 is known 여주 출장마사지 for its flashy hotel rooms and suites, which offer 동해 출장안마 a the property 김해 출장안마 is located at 777 동두천 출장마사지 Harrah's Boulevard, Chester, PA 19013.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)