Kamis, 08 Desember 2011

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Setelah beberapa post sebelumnya isinya tempat-tempat kuliner di Bandung, mari kita kembali ke kota Jogja. Kota yang menurut saya sangat istimewa, walaupun ragam kulinernya masih kalah banyak dari kota Bandung tapi tetap kuliner Jogja yang paling "khas" dan "istimewa". Kembali ke tengtop! Eh salah maksutnya kembali ke Jogjaaaaaaaaaaaaaaaaa :)

Mungkin di Jogja banyak sekali tempat makan yang menyajikan ayam goreng sebagai menu andalannya, sebut saja Ayam Goreng Mbok Sabar, Ny. Suharti dan masih banyak yang lainnya. Namun untuk ayam goreng jawa juaranya adalah Ayam Goreng Mbah Cemplung yang lokasinya berada di desa Sendang Semanggi, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Lokasinya berada sekitar 1 kilometer atau 10 menit dari pusat belanja kerajinan Kasongan, dekat dengan Sendang Semanggi, mata air tempat ziarah. Karena sudah terkenal, warung bernuansa Jawa yang di situ tertata meja-kursi kayu panjang ini, selalu ramai pembeli setiap harinya. Lebih-lebih di saat jam-jam istirahat makan siang, tak sedikit orang-orang kantoran yang melepas lelah ke sana. Pernah saya datang kesini yang jaraknya itu kalau diitung pake meteran pasti pingsan duluan, jangan pake meteran ngitungnya saya biasanya ngitung pake jam itu dari kos saya yang nggunung sekali sampe ke Mbah Cemplung yang agak mblusuk sedikit ini kira-kira 1jam (bahkan lebih) dan tetot ternyata ZONK!! saya kehabisan. Mau nangis tapi takut dikira pemaen sinetron, mau ngamuk nanti dikira pasien skizofrenia yaudah saya lemes aja gitu terima kenyataan :(

Kalau anda berkunjung ke sentra kerajinan gerabah Kasongan ada baiknya sempatkan mampir untuk makan siang disini. Lha kalo nggak ke Kasongan bisa kesini? Bisa, saya juga biasanya nggak lewat Kasongan kok. Untuk menuju ke Ayam Goreng Mbah Cemplung ini saya biasanya cari jalan yang menuju ke jl. Bantul atau Jl. Parangtritis pokoknya biar tembus ringroad selatan lah, setelah sampai di ringroad selatan dan sampe di bangjo perempatan Jl. Bantul (ringroad) lurus terus bangjo kedua nanti belok ke arah selatan (ke arah pabrik gula Madukismo) nah ikuti aja terus jalannya sampai nemu perempatan lagi belok kanan lurus terus nanti abis ketemu jembatan belok kiri sekitar 1km kanan jalan udah ada papan petunjuk Ayam Goreng Mbah Cemplung itu tandanya udah nyampe, masuk aja ke jalan kecil itu karena warungnya berada didalam tidak persis di pinggir jalan. Jangan kaget kalau anda datang pas makan siang tempat ini parkiran mobilnya penuh. Sekedar tips dari saya sebaiknya datang sekitar pukul 12 siang agar tidak kehabisan.

Dengan resep bumbu khas Jawa warisan Mbah Cemplung, ayam kampung (ayam jawa) ini diolah. Dua kali ayam direbus dengan bumbu, baru kemudian digoreng. Karena itu, banyak pembeli yang ketagihan sehingga datang kesini tidak hanya sekali. Sebab olahan ayam di warung ini terkenal empuk dan amat gurih. Citarasanya khas masakan Jawa, ayamnya juga besar tapi empuk dan gurihnya tak terlupakan. Ayam yang mereka pakai adalah ayam kampung kemanggang yang umurnya tidak lebih dari 4 bulan agar dagingnya nanti tidak alot. Untuk menemani ayam goreng yang lezat ini disediakan 2 macam sambal, ada sambal mentah (sambal bawang) dan sambal goreng, kalau saya suka sekali sama sambal bawangnya benar-benar cocok dimakan dengan nasi dan ayam goreng yang istimewa ini.

Entah kali kunjungan keberapa saya pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan di warung ini, waktu itu saya memesan ayam goreng paha 2 potong kemudian pesanan saya lama sekali datang, ketika datang yang disajikan ke meja kami bukanlah paha melainkan kepala yang digandeng sama dada atau apa gitu pokoknya bukan paha, apdahal saya liat pengunjung lain pesen paha juga dikasih. *kecewa* tapi setelah protes akhirnya dikasih juga ayam bagian paha ke kami, lagi-lagi kami harus kecewa karena paha yang diberikan ke kami cuma paha atas saja sedangan paha bawahnya mereka potong. Setelah selesai makan lalu membayar ternyata ayam yang dipotong (paha atas dan paha bawah, yang saya makan hanya paha atasnya saja) tadi dihargai sama dengan sepotong paha ayam yang gandeng. Pokoknya saya sebel banget waktu itu. Tapi entah kenapa selalu pengen balik lagi buat makan disini karena memang enak walaupun manajemen dan pelayanannya benar-benar nyebelin. Untuk harga siapkan kira-kira 25rb per orang untuk nasi, ayam goreng dan minum.


Ayam goreng Mbah Cemplung ini disajikan dengan nasi yang ditempatkan pada cething, nasinya ini nasi panas yang masih ngebul-ngebul jadinya sedep dan cocok dimakan dengan ayam goreng, ada sambal bawang dan lalapan juga.

Ayam goreng yang sudah saya cuwil dagingnya saking kelaperan menempuh perjalanan 1jam lebih buat makan disini.

Suasana didalam warung, meja dan kursi kayu panjang ini mengisi tata ruang di Ayam Goreng Mbah Cemplung. Pokoknya suasananya "Jawa" sekali lah..

Warung ini tak pernah sepi pengunjung, pernah saya datang jam setengah 2 siang menu disini sudah habis.


Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung, Semanggi, Bantul.


Ayam Goreng Mbah Cemplung
Desa Sendang Semanggi, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.
Buka: Senin - Minggu pukul 08:00-habis

5 comments:

Anonim mengatakan...

Ayam goreng kebon ndelik belum pernah ya? lokasinya dekat RM pringsewu jl MGL,
kalo rasa seh gag istimewa sebenarnya, cuman lokasinya yg dalam kampung aj bikin penasaran....

@the_copett
profil masih tetep anonymous

Anonim mengatakan...

Wah bisa dicari tu..tempet tinggal saya daerah wirosaban,kapan2 tak nyari kesana..tenks inponya gan..:))
@amary_lies

hennpuspita mengatakan...

@the_copett siaap mas nanti kapan2 saya cobain referensi dari anda.. sering2 bagi info kuliner sama saya yaa ^^ masih penasaran sama bebek umar plentheng nih

@amary_lies sipp.. kalau udah nyoba jangan lupa komentar lagi dimari gan :))

Dedi Aram mengatakan...

wuah sayang belum pernah nyoba kie... :D

Farid mengatakan...

sekali nyobain ayam goreng mbah cemplung rasane nak naan, suasananya jg adem bgt, rame bgt kebanyakan pengunjungnya dr luar kota semua (y)
Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.blogspot.com

Terimakasih.. :)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)