Rabu, 07 Desember 2011

Surabi Enhai : Pancakenya Orang Sunda

Siapa yang nggak tahu makanan surabi? Pasti banyak. Siapa yang nggak tau pancake? Pasti sedikit. Yah ironis memang, kuliner-kuliner khas sekarang mulai tersingkirkan dengan menu makanan yang modern.  Surabi, makanan dari tepung beras (ada juga yang dari tepung terigu) dengan pilihan rasa manis atau asin, tergantung selera. Masyarakat di Jawa Tengah biasa menyebutnya dengan 'serabi'. Tapi, masyarakat Jawa Barat menamakan makanan yang enak itu dengan 'surabi'.Untuk bahannya kurang lebih sama, cuma kalau serabi di daerah saya adonannya dicampurkan dengan santan yang masih mengandung serat parutan kelapa terus makannya bisa ditambah 'srundeng gula jawa' atau juga bisa disiram dengan santan yang dicampur gula, ini istilahnya 'serabi kocor'. Yak, kembali ke tengtop! Kita bicara tentang surabi. Nah khususnya di Bandung ini banyak sekali tempat yang menjajakan surabi yang sudah diolah lebih modern, penyajian surabi dengan berbagai macam topping mulai dari keju, coklat, durian, strawberry, oncom, sosis, telur mata sapi, dll.

Saya berkesempatan mencoba jajanan bernama surabi ini di warung bernama Surabi Enhaii, konon katanya diberi nama Enhaii karena letaknya dekat dengan kampus NHI (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, baca: enhai). Malam itu saya memesan 3 jenis surabi yaitu: surabi topping strawberry, keju susu dan surabi oncom. Lokasinya berada di Jl. Setiabudi (Samping Kampus Enhai), warung dengan suasana nongkrong anak kampus ini selalu ramai di malam hari atau weekend. Menunya ringan untuk menghangatkan badan melawan udara dingin di kawasan Setiabudi, atau mereka yang mau berwisata ke Lembang.

 Surabi dengan topping susu keju kesukaan saya, untuk surabinya menurut saya rasanya cenderung mirip martabak, entah tidak gurih dan nikmat seperti serabi orang jawa. Yah mungkin selera masing-masing. Harganya 6.500 rupiah.


 Surabi fla strawberry. Surabi ini terbilang unik, paduan makanan tradisional dengan sentuhan modern pada toppingnya. Sayang fla strawberry nya kurang 'strawberry' di lidah saya.


 Surabi Oncom telur, surabi dan telurnya ini menjadi satu, paling enak diantara surabi lain yang saya pesan.

 Ini papan menu-menu favorit dari Surabi Enhai


 Walaupun pengunjung tempat ini sangat banyak tetapi pelayanannya tidak lama karena mereka menggunakan tungku yang jumlahnya juga sangat banyak.

1 comments:

Galih Paramitha mengatakan...

Jangan bingung, tempat makan yang bikin hati senang perut kenyang ya disini, cek yuk » https://www.youtube.com/watch?v=tUJIYZvti6c #Kuliner

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)