Minggu, 11 Desember 2011

Bakso Klenger -- Bakso Yang Bikin Klenger Beneran

Sebetulnya dan sesungguhnya saya belum nemu warung bakso yang rasanya istimewa di Jogja, entahlah lidah saya yang neko-neko atau emang lidah nggaya. Banyak warung bakso di Jogja yang kata orang-orang enak saya kunjungi ternyata rasanya menurut saya biasa-biasa saja. Ya memang yang namanya rasa enak itu selalu relatif, menurut si A enak menurut si B nggak enak itu sudah hal yang lumrah di dunia perkulineran #wuopoh

Biasa-biasa saja disini dalam arti ya enak untuk sekali dinikmati, tapi nggak bikin kangen dan pengen makan lagi. Setelah beberapa lama mencari perburuan di dunia bakso akhirnya saya nemu bakso yang rasanya lumayan enak dan paling penting unik. Nama warungnya Bakso Klenger, mungkin si pemilik memberi nama seperti ini karena ingin pembelinya pada klenger (baca: pingsan) setelah makan bakso mereka hahahaha *bercanda*. Pokoknya dari nama warungnya ini sudah menarik saya untuk mencoba bakso mereka, merasa tertantang saya bisa ga klenger kok kalo makan bakso disini :D

Lokasinya di Jl. Nologaten tepatnya di depan Indomaret persis. Cukup mudah kok mencarinya, karena letaknya persis di pinggir jalan. Pertama kali kesini melihat sekilas warung dari luar, pandangan saya langsung tertuju ke bakso yang gedenya sekepala bayi dipajang di gerobak mereka. Oh mai goat, ini bakso kayaknya emang bisa bikin klenger beneran deh. Masuk ke warung ini saya dengan pedenya memesan satu porsi bakso klenger yang harganya Rp 17.500 rupiah per porsi, dan merasa mampu menghabiskannya. Warung ini cukup kecil tapi berdiri di atas bagunan permanen yang terdiri dari dua lantai. Lantai pertama hanya ada dua buah meja kecil sedangkan lantai dua khusus untuk lesehan. Nah ini dia pengalaman saya makan bakso sambil lesehan. 

Tidak lama kemudian pesanan saya datang diantar ke lantai dua warung ini, pertama kali liatnya sih ruarr biasa. Ruar biasa gede mangkoknya, bahkan kita dikasih 2 mangkok, satu mangkok ukuran besar yang tersaji satu porsi bakso satu lagi mangkuk ukuran standar yang biasanya dibuat menyajikan bakso pada umumnya. Ruar biasa gede baksonya juga sih, segede apa ya kira-kira segede kepala bayi sampai-sampai kalau mau makan bakso ini kudu di beleh dulu pake pisau. Kayak mau makan steak aja pake pisau segala, soalnya susah juga sih kalo pake sendok mbelehnya lha wong gede banget :D
Isi bakso raksasa ini adalah telur dan urat, disajikan denga mie kuning, bihun, bakso goreng, potongan caisim dan kuah segar. Baksonya cuman satu aja sih tapi saya separo aja nggak habis. Nyerah, gede banget! Kalo boleh klenger ya saya klenger disini tapi abis itu digendong sama Taylor Lautner, maunya. Ya cukuplah membuat saya nggak bisa bangun lah makan ini bakso.

Kalau bisa dibayangin ini harusnya jatah makan bakso seminggu dijadiin satu buletan makanya bisa segede ini. Tapi itulah uniknya warung Bakso Klenger ini. Untuk yang gak pengen makan bakso dalam porsi besar disini juga menyediakan bakso ukuran biasa dan mie ayam. Menurut saya, ini bakso terbesar yang pernah saya makan di Jogja. Temen-temen ada yang pernah makan disini dan habis satu porsi sendirian? Atau malah masih ada warung bakso di Jogja yang baksonya lebih besar dari Bakso Klenger? 

Beberapa foto yang saya ambil di Bakso Klenger, beberapa menyusul yaa...


















7 comments:

didut mengatakan...

#GLEK saya menjadi tertantang untuk mencobanya :)

hennpuspita mengatakan...

Silahkan mencoba mas, dijamin kenyang bakso seminggu kayak saya (padahal juga gak abis) :)

catoeradhy mengatakan...

sangat menarik :) pengen nyobain

hennpuspita mengatakan...

catoeradhy: monggo silahkan dicoba Mas, ditunggu cerita pengalamannya makan bakso super raksasa ini :)

Baso Jowo mengatakan...

Besok coba BasoJowo ya...
Akhir Oktober kami launching
follow@BasoJowo

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

wah maknyuz...

dota daru mengatakan...

sekarang bakso klenger pindah dmn ya?
saya lewat d nologaten kok sudah tdk ada?

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)