Selasa, 08 November 2011

Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wiji

Nasi yang biasa kita makan itu ternyata banyak macam-macamnya lho, ada nasi putih (ini yang paling sering dikonsumsi oleh penduduk kita), nasi hitam dan nasi merah. Nah kalo nasi merah ini merupakan hasil produk pertanian ladang tadah hujan, di Jogja wilayah Gunungkidul merupakan wilayah yang cocok untuk ditanami padi jenis ini. Setiap jenis berasa mempunyai keunggulan masing-masing dan berikut beberapa keunggulan beras merah:


1. Mencegah sembelit
Kaya akan kandungan serat dan asam lemak baik. Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit sehingga memperlancar pencernaan. Selain itu dengan kandungan serat yang tinggi juga membuat kita lebih kenyang dan tidak lapar. Cocok untuk pola diet.
2.       Mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan
3.       Menurunkan kolesterol darah
4.       Menyehatkan jantung

5.       Dan masih banyak lagi manfaat baik lainnya

Di kota Yogyakarta sendiri sudah banyak warung makan yang menyediakan menu nasi merah, namun yang populer disini disebut dengan “sego abang lombok ijo” yaitu nasi merah yang disajikan dengan sayur tempe dan lombok ijo. Menu yang satu ini sangat khas sekali mulai dari cara memasak, bahan yang digunakan dan cara penyajiannya diatas meja.

Kali ini saya akan membagi pengalaman saya makan sego abang lombok ijo di Warung Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wiji yang berlokasi di jl. Pakem – Turi km. 1 Mangunan, Harjobinangun, Pakem, Sleman. Nasi merah disajikan dalam ceting, mereka menyajikan nasi merah yang masih panas dan ngebul asapnya, jadinya menambah cita rasa tersendiri. Sayur lombok ijo ini memakai kuah santan dengan campuran lombok ijo yang diiris tipis dan tempe yang sudah dipotong-potong. Selain sayur lombok ijo ada pendamping lainnya yaitu tumis sayur daun pepaya, ayam goreng, empal, babat, pepes ikan dan bothok kesukaan saya.

Satu porsi sego abang lombok ijo ini dihargai sekitar 10-20ribu per orangnya tergantung lauk yang akan dipilih. Jangan lupa untuk memesan sambal mentah khusus bagi yang suka pedas, hati-hati sambel disini luar biasa pedesnya.

Satu ceting sego abang disajikan selagi masih panas
Sayur lombok ijo favorit saya. Selalu saya habiskan sampai tetes terakhir kuahnya.
Tumis daun pepaya rasanya tak kalah enak dengan sayur lombok ijo dan tidak pahit.
Aneka lauk ada ayam goreng bacem, empal, babat iso, pepes ikan  dan bothok.
Sedap dan kenyang :D
Penyajian sego abang lombok ijo
Bagian depan warung

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)