Minggu, 26 Februari 2012

Bubba Gump Shrimp Co.

Pernah nonton film Forest Gump? 
Film yang endingnya si Tom Hanks jadi pemilik shrimp restaurant paling terkenal. Sebelumnya sahabat si Tom Hanks ini yang mempunyai cita-cita membuat restaurant, namun si sahabatnya ini meninggal dipelukannya dan selanjutnya si Forest Gump lah yang melanjutkan cita-cita sahabatnya.

Nah di Bali tepatnya masih di Jl. Kartika Plaza ada sebuah resto buat pecinta udang terutama, namanya Bubba Gump Shrimp Co. Konsep restonya sangat unik, mulai dari interior, eksterior, menu bahkan cara penyajiannya mempunyai keunikan tersendiri. Resto Bubba Gump Shrimp Co ini pertama kali buka di California sekitar tahun 1996. Sampai sekarang restaurant ini sudah tersebar luas di beberapa negara seperti Jepang, HongKong, Malaysia dan termasuk Indonesia. Di Indonesia setahu saya mereka hanya membuka cabang di Bali ini, makanya ketika berkunjung ke Bali kemarin saya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencoba Bubba Gump ini. Sempat kemarin waktu di KL saya juga melihat ada resto Bubba Gump, konsep design interiornya pun hampir sama mirip dengan dermaga dimana nelayan atau pencari ikan datang melepas lelah setalh bekerja seharian, sangat kental dengan gaya dari Amerika Selatan.  

Sesuai dengan nama resto, makanan yang disajikan disini pun kebanyakan berbahan dasar udang walaupun beberapa menu juga ada yang tidak berbahan dasar udang. Namun saya yakin orang datang kesini pasti akan memesan menu udangnya, termasuk saya. Kebanyakan pengunjung mereka merupakan turis asing, waktu datang kesana sepertinya hanya saya saja yang turis lokal. Malam itu tidak terlalu ramai pengunjung, hanya beberapa meja saja yang terisi jadi saya masih bebas memilih tempat duduk. Keunikan demi keunikan dari resto ini saya temukan, pertama keunikan terletak pada design baik interior maupun eksteriornya. Keunikan kedua saya temukan ketika duduk di salah satu sudut resto ini diatas meja sudah tersedia beberapa perlengkapan diantaranya adalah sebuah ember kecil berisikan botol saus dan tissue, kemudian ada papan bertuliskan "RUN FOREST RUN" yang jika dibalik ada papan lagi bertuliskan "STOP FOREST STOP" yang ditempelkan bersama sebotol kecil lada dan garam.

Tidak lama kemudian seorang pelayan mendatangi kami sambil menyapa dengan ramah, "Selamat malam, sudah pernah makan disini sebelumya?" kemudian mereka memberikan buku menu. Sang pelayan juga tidak sungkan menjelaskan menu-menu yang spesial dan banyak dipesan disini, mereka juga menjelaskan dengan detail bahan dan cara memasaknya. Oh ya tidak mereka juga memberi tahu kita kalau ada beberapa menu minuman yang mengandung alkohol. Setelah menjelaskan tentang menu, keunikan selanjutnya saya temukan. Yap, cara untuk memesan dan memanggil waiter disini sangat unik setalh kita siap akan memesan kita tinggal memanfaatkan papan bertuliskan "RUN FOREST RUN" lalu pelayan akan mendatangi kita, jika sudah selesai kita diharuskan untuk membalikkan papan ke posisi "STOP FOREST STOP". 

Sambil membolak balik buku menu saya kebingungan memilih mau pesan apa karena hampir semua menu disini kelihatannya enak semua. Tapi ada beberapa menu rekomendasi dari restoran ini, diantaranya Cajun Shrimp, Shrimper's Net Catch atau Shrimper's Heaven. Jika tidak ingin sajian berbahan dasar udang, ada menu Captain's Fish and Chips, Sirloin Steak, aneka Sandwich dan burger juga ada disini. Akhirnya saya memesan Cajun Shrimp, Lemon Chesse dan satu lagi saya lupa namanya *kebiasaan*

Cajun shrimp akhirnya datang dengan waktu yang singkat, disajikan diatas hot pan. Isinya berupa udang yang sudah dikupas dimasak dengan butter sauce, diataburi daun peterseli diatasnya dan ada juga dua iris French bread yang sudah dioles tipis dengan butter dan cincangan bawang putih. Aroma harum butternya membuat saya tak sabar ingin segera mencicipi menu ini. Tekstur udangnya terasa kenyal dan terasa juga kalau udangnya masih segar jadi rasa gurih dan manisnya terasa sangat enak.

Untuk dessertnya saya memilih yang mini size, saya pilih sesuai rekomendasi dari resto ini. Lemon pie nya disajikan sangat cantik dengan garnish whipped cream, rasanya pun begitu lembut dan menyatu didalam mulut. Dessert yang satu lagi saya lupa namanya juga tak kalah enak, rasanya kepengen nambah tapi apa daya perut sudah penuh.

Untuk harga makanan disini berkisar antara 35-250rb Meskipun sedikit agak mahal, namun beberapa sajian dihidangkan dengan porsi yang cukup besar sehingga cocok untuk dimakan beramai-ramai. Oh ya sebelum pulang bisa juga lho mampir beli merchandise mereka punya tokonya juga disalah satu bagian resto. Selain itu keunikan yang lain, didepan resto ini ada tempat untuk berfoto yang menurut saya harus foto disini kalau berkunjung, ada sepatu raksasanya juga soalnya.

Oh iya ada yang kelupaan, kalau anda suka minuman beralkohol ada salah satu menu mereka kalau gak salah namanya Margarita. Jika memesan menu tersebut penyajiannya nanti pelayan akan datang beramai-ramai sambil membawa alat musik dan menyanyi sambil menari ala tari kecak gitu. Lucu dan unik deh pokoknya. Pas datang kemarin mereka ngadain kuis, pertanyaannya seputar Bubba Gump juga, saya beruntung bisa menjawab dan mendapatkan souvenir sebagai hadiahnya. Seafood lover must come to this place!



 Ember yang berisi botol saus dan tisuue. Unik kan?




Cajun Shrimp, enaaaak sekali rasanya.
Orange squash datang dengan porsi yang besar, bisa untuk berdua deh :D




Lemon pie

Nah inget ini namanya Chocolate Chip Cookies Sundae!




5 comments:

Elfrida Chania mengatakan...

Kunjugan perdana. Blogmu keren :)

Ikutan giveaway-ku yuk! Klik disini! :)

Iwan Setiawan mengatakan...

Harus ke sini nih kayaknya... See you in Bali ;-)

GeoKuliner mengatakan...

Nice post. Artikelnya saya link dari GeoKuliner ya.. http://geokuliner.com/bubba-gump-shrimp-co-/
Kalau boleh foto-nya ditampilkan juga di GeoKuliner?
Atau menjadi kontributor juga very welcome ;-)
Thanks

hennpuspita mengatakan...

@ Elfrida Chania : Terimakasih atas kunjungannya mba :)

@ iwan setiawan : harus, menurut saya ini salah satu alternatif bagi yang bosan makan seafood di Jimbaran

@ GeoKuliner : boleh silahkan, asal disertakan sumbernya saja mas.. terimakasih banyak :)

Emiliana Febrina Silalahi mengatakan...

nice post. must be visited :D

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)