Rabu, 04 Januari 2012

Tauto - Soto Khas Pekalongan

Sajian bernama soto ini memang beragam jenisnya. Sepertinya setiap daerah memiliki ragam kuliner soto yang khas di masing-masing tempatnya berasal. Kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman menyantap kuliner khas kota asal saya, Pekalongan. Tauto merupakan salah satu kuliner khas Pekalongan yang cukup melegenda, jika kalian singgah di Pekalongan jangan pernah melewatkan cita rasa kuliner yang satu ini.

Konon nama tauto merupakan singkatan dua nama dari tauco dan soto. Berbeda dengan soto yang lainnya, tauco ini memang salah satu bahan penyusunnya adalah tauco. Jadi citarasanya adalah kuah tauco yang rasanya manis dan gurih. Hal ini juga yang membuat aromanya khas serta kuahnya berwarna gelap agak kecoklatan karena efek dari bumbu tauconya sendiri. Jika sedang berada di Pekalongan tak sulit menemukan warung yang menjual tauto, salah satunya yang sudah cukup terkenal adalah Soto PPIP yang berada di Jl. Dr. Wahidin kompleks PPIP Pekalongan.

Semangkuk tauto berisi irisan daging kerbau yang sebelumnya sudah direbus jadi sudah empuk, mi soon, bumbu tauco, daun bawang, bawang goreng yang disiram kuah yang masih panas. Untuk memakan tauto ini biasanya ditemani dengan nasi atau lontong.










0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)