Senin, 11 Januari 2016

Mewujudkan Mimpi Mengunjungi Old Trafford Stadium


Take me home, United road,
To the place that I belong,
To Old Trafford, to see United,
Take me home, United road..  



Old Trafford at Night


Akhirnya saya selangkah lagi menuju Old Trafford. Mimpi sejak kecil untuk menonton tim sepakbola kesayangan saya akan segera terwujud. Seperti yang sudah saya ceritakan pada postingan sebelumnya saya akan mengunjungi UK pada awal tahun 2016 ini, saya sengaja cari tanggal saat ada pertandingan liga inggris di home Manchester United, Old Trafford agar bisa menyaksikan secara langsung idola saya disana. Rencana awalnya saya akan menonton MU bertanding di OT sebanyak 2 kali namun karena satu dan lain hal jadi 1 kali saja.


Untuk mewujudkan impian saya yang satu ini tidaklah mudah. Sudah punya tiket penerbangan dari Indonesia ke UK, tiket kereta lokal menuju kota Manchester, hotel yang sengaja saya booking berdekatan dengan Old Trafford dan tentu saja Visa UK belum cukup untuk masuk menonton pertandingan secara langsung.

Yang pertama kali saya lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya bagaimana cara mendapatkan tiket pertandingan MU di OT. Saya pikir akan mudah mendapatkannya, misal bisa beli online di beberapa situs jual beli ataupun beli langsung di web resminya MU. Anggapan saya salah pemirsaaaah, ternyata tidak mudah mendapatkan tiket pertandingan menonton MU di OT. 

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan ada beberapa cara untuk mendapatkan tiket pertandingan MU, diantaranya:



  1. Membeli tiket secara online via website resmi Ticketing Service dari MU. Dari yang saya baca dari website tersebut, kita harus menjadi member agar bisa membeli match ticket. Harga membership packagenya sebesar 32 Poundsterling per orang. Jadi misalkan kita mau nonton sekeluarga 4 orang masing-masing harus punya membership card. Walaupun kamu seorang fans militan Chelsea yang hanya menemani istri nonton MU di OT kamu akan tetap harus mendaftar menjadi official member MU. Hahaha :)) 
  2. Membeli Matchday VIP Ticket via website yang sama dengan diatas (Silahkan kunjungi website untuk informasi lebih lanjut). Ini adalah pilihan jika tidak ingin mendaftar menjadi member. Jadi ini adalah semacam layanan full board dari manajemen MU, kita harus hadir dengan pakaian yang resmi dan rapi (tidak boleh memakai jersey MU) jika kita membeli paket ini dan datang dengan pakaian yang tidak sesuai dengan ketentuan mereka maka kita tidak diijinkan masuk. Padahal utuk membeli paket ini tidaklah murah, harga paling murah adalah untuk Paket Red Cafe Post Match sebesar 149 Pounds (sekitar 3 juta per orang). Fasilitas yang didapatkan sesuai dengan paket masing-masing. Saya naksir paket Europa Suite nya dengan harga 6 juta per orang kalo di rupiahkan, tapi sayang sekali semua tiket Matchday VIP untuk pertandingan yang akan saya tonton sudah habis terjual. Saya otomatis tidak bisa memilih opsi ini. 
  3. Membeli lewat 3rd party seller seperti viagogo.com  ticketbis.com dan beberapa situs jual beli tiket online lainnya. Opsi ini sangat tidak saya rekomendasikan untuk siapapun yang akan membeli tiket pertandingan sepakbola. Pihak MU sendiri telah mengeluarkan pernyataan dan peringatan resmi agar tidak membeli tiket pertandingan melalui seller-seller selain yang ditunjuk pihak MU. Online reseller resmi mereka hanya https://www.thomascooksport.com, selain itu tidak resmi dan MU tidak menanggung kerugian apapun jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Paket yang dijual oleh ThomasCook adalah paket matchday VIP dan saat saya mencoba mengakses situs mereka sangat sulit jadi mengurungkan niat untuk membeli melalui 3rd party seller.  
  4. Membeli tiket  pertandingan yang sepaket dengan tour di travel agent. Beberapa kali saya pernah melihat paket tour yang menawarkan jala jalan ke UK sekaligus termasuk tiket menonton pertandingan sepakbola liga inggris. Namun karena saya tidak ingin travelling menggunakan travel agent, saya tidak memilih opsi ini. Bagi teman-teman yang tidak ingin repot silahkan bisa membeli paket tour nonton bola di beberapa travel agent di Jakarta yang menyediakan paket tour ini. Harganya bervariasi , biasanya  lebih dari 25 juta per orang untuk waktu sekitar 5 hari di UK
Setelah bersemedi dan cari info kanan kiri saya akhirnya pilih opsi pertama karena saya anggap paling aman. Akhirnya saya membeli 2 paket membership, prosesnya mudah hanya perlu mendaftarkan diri di website resmi Membership MU. Isi lengkap alamat pengiriman paket member anda dan bayar menggunakan credit card. Jika anda menginginkan paket member anda dikirim maka pada saat check out mereka akan memberikan charge untuk pengiriman sebesar 10 pounds. 

Pengalaman saya proses mendaftar sampai dengan pembayaran cukup mudah, namun setelah selesai melakukan pembayaran mereka hanya menginfokan jika paket membership akan dikirim dalam waktu 30 hari. Tidak di infokan kapan pastinya paket saya akan dikirim, padahal nantinya saya akan butuh membership card nya jika ingin masuk nonton pertandingan di OT. Sekitar 3 hari sesudahnya saya mendapat email jika membership pack saya sudah dikirim dan disuruh menunggu selama 14 hari. Sembari menunggu paketan saya datang dari Manchester saya lanjut proses membeli tiket pertandingan. Informasi seat plan dan harga tiket pertandingan di website mereka sangat lengkap dan informatif, cukup mudah di pahami. Berikut harga tiket pertandingan di OT:

Harga Tiket Menonton Pertandingan Sepakbola di Old Trafford Stadium
Yang saya herankan harga tiket paling mahal justru yang berada di upper tier atau tribun bagian atas. Paling murah justru bagian terdekat dengan lapangan di belakang gawang (termasuk bagian Stretford End). Saya pikir dengan menjadi member akan mudah membeli tiket dimana saja yang kita inginkan asalkan masuk dalam budget kita. Ternyata salah, sebagian kursi pertandingan yang saya inginkan sudah habis ludes terjual padahal saya membeli sebulan lebih sebelum pertandingan. Memang mungkin beberapa "hot seat" sudah dipesan bagi pemegang seasonal ticket holder, namun saya jujur sedikit kecewa karena tiket pertandingan yang tersisa adalah seat yang jauh jaraknya dengan pitch. Saat itu saya mendambakan kursi menonton di seberang Sir Alex Ferguson Stand bagian yang dekat dengan lapangan dan disamping dengan tempat duduk para pemain dan pelatih MU, jadi saya bisa melihat mereka dari jarak dekat satu per satu ketika mereka memasuki stadion. Tapi sialnya tiket di tempat yang saya dambakan sudah habis semua.

Sedikit menghibur diri hasil baca dari beberapa blog dan review orang banyak yang bilang jika semua seat di OT tidak ada yang "jelek", desain stadion dirancang agar dapat melihat keseluruhan lapangan dari sisi manapun. Yang saat itu saya bayangkan jika menonton di tribun atas OT adalah seperti di Stadion GBK, yang gak bakalan keliatan pemaennya saking kecilnya. Mending nonton di TV. tapi ternyata GBK dan OT adalah dua stadion yang sangat berbeda, duduk di tribun atas di OT masih bisa jelas melihat pertandingan di seluruh lapangan di bandingkan tribun atas di GBK karena memang jarak kursi penonton dengan lapangan sangat dekat. Mungkin ini jadi alasan mengapa justru harga termahal di OT adalah harga tiket di tribun atas.

Saya memilih tiket "seadanya", mencari sisa-sisa tiket yang masih ada yang paling dekat dengan lapangan. Prinsip saya yang penting dapet tiket resmi dan tidak kena tipu. Daripada saya beli tiket yang saya inginkan lewat calo atau pihak yang tidak resmi kemudian terjadi hal-hal yang tidak di inginkan maka saya akhirnya membeli 2 tiket lewat website resmi mereka. Bayar pake kartu kredit dan nanti akan mendapatkan email konfirmasi pemesanan tiket. Sistem ticketing mereka lumayan ketat menurut saya, jadi ticket yang saya beli nantinya akan dimasukkan kedalam kartu membership bukan dalam bentuk tiket fisik. Satu kartu member untuk satu tiket, jadi nanti saat di OT saya hanya perlu menyerahkan kartu member saya untuk memasuki stadion. Jika sudah tau sistemnya seperti ini saya jadi ragu untuk membeli lewat calo, takut tiketnya palsu dan menyebabkan saya tidak bisa masuk stadion.

Cerita miris dari salah satu fans klub sepakbola yang membeli tiket pertandingan secara online melalui situs jual beli tiket online. Ceritanya bisa dibaca disini.

Kesimpulannya adalah, walaupun sudah menjadi member tidak menjamin pada member untuk mendapatkan tiket pertandingan sesuai keinginan mereka, tergantung kesediaan tiket saat itu. Sekarang saya sedang duduk manis menunggu paketan dari Manchester yang tidak kunjung datang, sudah lebih dari 14 hari seperti yang mereka janjikan. Pihak ticketing service yang saya hubungi menjelaskan bahwa paket saya tertunda karena ada libur Natal dan Tahun Baru. Semoga saja paket membership pack saya sampai sebelum saya berangkat ke UK.


16 comments:

Jihan Anugrah mengatakan...

Ikuuut donk ��

Nieko Caesar mengatakan...

Paketan itu termasuk musium tur nggak?atau ada yg khusus lagi?

Banyumurti mengatakan...

Wah, perlu di bookmark. Tapi itu bagian Cerita miris yg beli online linknya belum terupdate mbak. Pengen tau juga soalnya

Yosef Kristiano mengatakan...

GGMU mba Henny. Salam kenal ya. Saya tertarik utk bahas apply visa UK ini. Utk bagian rekening koran kalau saya pakai rekening koran org lain tp di hlm dpnnya pakai rek saya itu kira2 gmn ya?

Yosef Kristiano mengatakan...

GGMU mba Henny. Salam kenal ya. Saya tertarik utk bahas apply visa UK ini. Utk bagian rekening koran kalau saya pakai rekening koran org lain tp di hlm dpnnya pakai rek saya itu kira2 gmn ya?

hennpuspita mengatakan...

@Jihan Anugerah (Mbak Ji) Yuukk Mba Ji ikut kita beli lipen murce2 di Boots :)) *team lipstick*

@Mas Nieko: tergantung paketnya Mas, kalo yang eropa suite sudah termasuk museum tour.. tapi kalo ambil reguler kaya aku ya gabisa ambil museum tour.. dan museum tour ga buka kalo ada match dan H+1 atau H+2 sesudah tur aku lupa..

@Banyumurti : Silahkan di bookmark soap tau nanti butuh di kemudian hari :) baiklah makasih infonya saya update lagi link nya Mas..

@ Yosef Kristianto: Halo Mas Josef salam kenal.. sebaiknya rekening sendiri Mas, walaupun saya kurang paham bagian Visa akan check detail atau tidak untuk rekening korannya tapi sanksinya kalau memalsukan dokumen itu di banned ga boleh ke negara tsb untuk sekian tahun (saya lupa) tapi saya kemarin ada kesalahan kecil, jadi karena saya buat 2 visa jadi bank reference saya buat 2 untuk kedutaan masing2 nah saya kebalik ngasihnya, yang kepadanya tertuju ke kedutaan UK saya serahkan ke Visa Schengen begitu juga sebaliknya tapi lolos2 saja.. Itu pengalaman saya

Frederick Tantu mengatakan...

congrats ya mba henny, salam kenal.
saya mau menanyakan untuk pembuatan visa nya setelah membeli tiket MU atau belum ya?
dan untuk pembuatan visa, menunggu berapa lama ?

Suluh A. Wicaksono mengatakan...

drolling...hiks

Kai Ang mengatakan...

Ada yang ke OT utk ntn lawan city 10 sep nanti???barengan yuk haha kebetulan nanti sy ntn derby Manchester...come on you redsass

Kai Ang mengatakan...

Visa bs bkin dulu aja...bahkan tiap x saya apply visa tdk perlu pke tiket yg sudah di issued bs yg hanya di booking saja...

Unknown mengatakan...

Ga aman ya beli tiket viagogo.com? Kalau utk liga spanyol gimana cara ya..mhn info

Lovina Wiwie mengatakan...

Ga aman ya beli tiket viagogo.com? Kalau utk liga spanyol gimana cara ya..mhn info

Astried Pinaria mengatakan...

Ada yg mau nonton vs chelsea 15 april ga?? Solo traveler nih. Hehhehe

Anonim mengatakan...

Halo mbak...saya mau tanya tour mana ya mbak yg bisa buat tour bola? Bisa minta info nya? Rencana mau kasih surprise

Clara Cutez mengatakan...

seasonbet77 agen bola online
Seasonbet77 bonus depo awal 30%
eBET
Bandar Sbobet
Agen Sportbook
Bandar Judi
Agen Sbobet
Agen Bola
Bandar Bola
AgenSeasonbet77
Seasonbet77 bonus depo awal 30%

Unknown mengatakan...

Thankful for the profitable information. It's logically helpful and direct. Please help me suggest best webdesigning in noida and best bookmarking submission list and best classified list and Indian Classified List
Contact us :- https://www.login4ites.com
https://myseokhazana.com/
Indian Bookmarking list
Bookmarking submission list
India Classified Submission List
Indian Classified List

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)