Sabtu, 18 Februari 2012

Soto Kemasan - Soto dengan Wangi Kemangi



Jogja ini bukan cuma kota gudeg lho ternyata, kota soto juga. Hahaha
Dari sekian banyak soto yang saya cobain di Jogja banyak sekali macem-macem jenis dan rasanya, salah satunya yang unik adalah Soto Kemasan ini. Diberi nama Soto Kemasan karena warung ini memang terletak di daerah Kemasan, Kotagede. Lokasinya tidak terlalu susah kok, anda yang sering menuju terminal giwangan dari arah Solo dan lewat ringroad pasti mudah menemukan warung ini. Warungnya terlihat dari ringroad, dikelilingi hamparan sawah dan bangunannya masih sederhana. Cocok disebut sebagai WTS, warung tengah sawah.

Pertama kali masuk ke warung ini seorang bapak-bapak menawarkan kepada saya "Mau pedes atau tidak mbak?" wah bapaknya ini tau aja kalo saya penggemar pedes langsung aja saya jawab "Pedes banget Pak" kemudian saya duduk di salah satu bangku kayu panjang disana. Sambil menunggu pesanan saya memesan es teh 2 gelas karena memang siang itu Jogja lagi panas banget. Tak lama menunggu soto super pedas pesanan saya pun datang di meja. Khas dari Soto Kemasan ini memang tidak menggunakan daging ayam, sapi ataupun kerbau. Aroma harum dari asap soto yang mengepul ini membuat saya semakin tak sabar menikmatinya, pasti rasanya segar sekali pikir saya waktu itu.

Melihat isi semangkuk soto yang disajikan memang sangat sederhana, saya suka menyebutnya dengan soto kere karena hanya terdiri dari nasi, tauge, baceman tahu dan koro. Namun bagi anda yang berharap lebih dari sekedar isi soto yang disediakan, dimeja sudah tersaji ubo rampe yang banyak macamnya. Tentunya ada sepiring daun kemangi yang hijau dan harum, sate jeroan, sate telur, baceman dan berbagai macam lauk tersedia di meja. Saya memutuskan untuk mengambil satu tangkai daun kemangi, memetik daunnya satu per satu kemudian mencampurkan dengan semangkuk soto milik saya.

Tanpa menunggu lama saya langsung mencoba sotonya, waaahh rasa manis, segar, gurih bercampur pedas tercampur apik dalam soto ini. Apalagi dengan campuran daun kemangi semakin segar dan nikmat saja soto saya. Pedasnya pun gak nanggung-nanggung yang membuat saya menghabiskan 2 gelas es teh. Saya iseng-iseng mencoba keripik tempe diatas meja, ternyata semakin enaaakk. Sampai saat saya menuliskan blog ini pun masih terbayang gurih kuahnya soto kemasan.

Untuk harga pastinya saya lupa, sepertinya semangkuk soto dihargai 6rb dan untuk sate-satenya sepertinya sekitar 1,5-2rb. Oh ya, ternyata Soto Kemasan ini juga pernah diliput di acara Wisata Kuliner karena saya juga melihat beberapa foto ketika liputan diadakan disana. 

Bagi saya, soto ini memang rasanya sangat segar tapi harganya agak pricey karena isinya tanpa daging. Tapi tak apalah karena memang mereka menyediakan rasa yang berbeda dengan soto lainnya. Unik!












0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)