Jumat, 29 April 2011

Nasi Liwet Keprabon, Solo

Siapa yang tidak kenal makanan khas Solo yang satu ini. Ya, kalo ke Solo harus merasakan nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa (santan) rasanya mirip sama nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Salah satu tempat makan nasi liwet favorit saya di daerah Keprabon. Di daerah ini banyak sekali warung-warung nasi liwet yang terkenal enak, salah satunya yaitu Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, namun hampir semua warung disini banyak yang memakai nama Bu Lemu. Karena bingung dengan banyaknya warung nasi liwet di daerah Keprabon ini saya memilih warung pertama yang tepatnya berada di kiri jalan (perlu diingat jalan di Keprabon ini searah yaitu menuju ke Jl. Slamet Riyadi). Salah satu kekhasan dari nasi liwet adalah disantap pada malam hari, tidak heran warung-warung disekitar sini baru buka selepas magrib.

Memasuki warung ini saya disambut ramah oleh penjaganya, tempat untuk menyantap makan ada lesehan dan bangku kecil didepan penjualnya karena saya datang bersama 5 teman maka saya duduk lesehan supaya lebih leluasa. Saya memesan nasi liwet ayam suwir, porsinya tidak terlalu banyak. Untuk minumannya saya memesan Es Kacang Putih, isinya kacang putih yang direbus dengan kuah santan dan gula. Harga pastinya saya lupa karena ketika akan membayar kami tidak diberi detail harganya hanya disebutkan total harga untuk kami berlima sebanyak Rp 100.000,00 (atau sekitar 20rb/orang). Hati-hati bagi pendatang, karena beberapa teman saya yang asli Solo mengatakan kalo mereka suka seenak hati dalam memberikan harga. Oh iya, yang spesial ketika saya makan disini yaitu mendapat hiburan ibu-ibu berkebaya yang menyanyi gending jawa, makin terasa sekali suasanya jawanya :)


Seporsi Nasi Liwet dengan lauk telur pindang separo dan ayam suwir. Sedap!


Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Asli

Sambil makan ditemani sepasang kakek nenek yang menyanyikan gending Jawa :)

Ibu penjual Nasi Liwet ini setiap harinya selalu memakai kebaya.
 !! Note: beberapa waktu lalu ketika saya lewat di jembatan baru UGM yg tembus ke jl. Monjali melihat ada warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Sepertinya ini cabang yang di Solo, tapi entahlah sampai sekarang saya belum sempat mencobanya. Ada yang mau ntrakter saya? ;)

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar :)